Post

Isuzu Beri Bantuan Mesin Truk ke SMK Masmur Pekanbaru   Artikel ini telah tayang di TribunPekanbaru.com dengan judul Isuzu Beri Bantuan Mesin Truk ke SMK Masmur Pekanbaru, https://pekanbaru.tribunnews.com/2023/03/16/isuzu-beri-bantuan-mesin-truk-ke-smk-masmur-pekanbaru.

PT Isuzu Astra Motor Indonesia menyerahkan bantuan mesin kepada SMK Multi Mekanik Masmur Pekanbaru, Kamis (16/3/2023). Bantuan yang diserahkan berupa mesin diesel truk Isuzu 4BE1 berkapasitas 3.600cc. Mesin inilah yang biasanya dipasangkan pada truk Isuzu Elf.

Mesin diserahkan oleh Gulik Adi Purnomo selaku Workshop Head Capella Isuzu Pekanbaru kepada Kepala SMK Multi Mekanik Masmur, Yohandra Jamal S.Pd, MM. Mesin ini diserahkan untuk jurusan Otomotif Teknik Kendaraan Ringan (TKR).

Diceritakan Yohandra, bantuan ini awalnya dari inisiatif pihak sekolah. Dimana, siswa memang ada yang magang di Isuzu. Dari magang ini, Kepala Program Studi selalu meminta agar dijajaki potensi MoU. Dengan harapan bantuan yang diberikan tidak hanya magang. Tapi juga menguji kompetensi, guru tamu, bantuan peralatan, pelatihan guru serta informasi lowongan kerja.

Ternyata, setelah ada memorandum of understanding (MoU), pihak Isuzu menyatakan kesediaannya memberikan bantuan mesin ini. Tak hanya bantuan mesin, selanjutnya akan ada pelatihan kepada guru untuk penguasaan mobil-mobil keluaran Isuzu langsung di Jakarta. "Nanti, apa yang dilatih langsung spesialisasi. Misalnya engine, body, kelistrikan dan sebagainya," ujar Yohandra.

Lalu, bakal ada juga sesi pengenalan mesin yang dilakukan pihak Isuzu di SMK Masmur. Kegiatan ini sekaligus untuk mengetahui alat-alat apa yang masih dibutuhkan pihak sekolah untuk proses bongkar pasang mesin. Jadi, kalau ada perangkat yang belum dipunyai sekolah, bakal dibantu lagi oleh pihak Isuzu.

Dengan bantuan ini, tambah Yohandra, dampaknya sangat positif bagi siswa dan guru. Karena otomatis kecakapan siswa lebih bertambah. Khususnya dalam penguasaan mesin truk Isuzu solar berkapasitas besar. Karena selama ini yang ada di laboratorium SMK Masmur hanya mesin Isuzu solar berkapasitas kecil. Dengan kemampuan itu, peluang siswa bekerja di Isuzu juga semakin terbuka.

Alasan Isuzu memilih memberikan bantuan menurut Yohandra karena SMK Masmur dinilai proaktif membina hubungan. Di samping itu, pihak SMK Masmur selalu memproses secara cepat semua permasalahan yang melibatkan siswa saat magang di perusahaan. Karena respon yang cepat itu, pihak perusahaan lebih tertarik menjalin hubungan lebih lanjut dengan SMK Masmur. Bahkan, mau berkontribusi bagi sekolah lewat bantuan peralatan.

Harapan Yohandra, dengan semakin banyaknya mesin untuk praktik, siswa dan guru semakin semangat. Karena sudah bisa memilih alat apa yang hendak digunakan untuk praktik. Di samping itu, ia berharap dengan adanya tambahan alat ini, kemampuan siswa ketika lulus memang sesuai dengan kebutuhan industri dan siap pakai.

Sementara, Gulik Adi Purnomo menyebut bahwa bantuan mesin ini sebenarnya sudah lama ditetapkan untuk SMK Masmur. Bulan Oktober 2022 lalu sudah ditetapkan mesin tersebut diserahkan kepada SMK Masmur. Hanya saja, oleh adanya kegiatan di masing-masing pihak, serah terima alat baru dilakukan bulan Maret ini. (rls)



Artikel ini telah tayang di TribunPekanbaru.com dengan judul Isuzu Beri Bantuan Mesin Truk ke SMK Masmur Pekanbaru, https://pekanbaru.tribunnews.com/2023/03/16/isuzu-beri-bantuan-mesin-truk-ke-smk-masmur-pekanbaru. #repost

Share: